Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Usus Besar

Ketahui faktor risiko dan penyebab kanker usus besar guna menekan risiko terkena penyakit kanker yang satu ini.

Karena, pencegahan akan lebih baik dilakukan dari mengobati. Upaya pencegahan yang Anda lakukan akan memberikan hasil yang optimal ketika Anda tahu faktor yang menjadi penyebabnya.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Usus Besar

Berdasarkan hasil rangkuman dari beberapa sumber kesehatan, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan risiko seseorang untuk terkena penyakit kanker usus besar ini meningkat. Gaya hidup yang kurang sehat menjadi salahsatunya.

Penyebab Kanker Usus Besar

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan dengan melibatkan lebih dari seratus partisipan diketahui, bahwa terlalu sering mengonsumsi daging olahan dapat meningkatkan hingga 18% risiko untuk terkena kanker usus besar.

Pun jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi serta alkohol dan minuman keras lainnya secara berlebihan.

Nah, untuk menekan risiko terkena kanker usus besar dikemudian hari, Anda bisa memulai mengubah gaya hidup Anda dari sekarang.

Biasakan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan serat yang cukup, terutama dari buah-buahan dan sayuran. Anda juga disarankan untuk menghindari alkohol maupun minuman bersoda dan menggantinya dengan air putih.

Penyebab Kanker Usus Besar Lainnya

Selain gaya hidup, masih ada beberapa kondisi lainnya yang juga menjadi bagian dari penyebab kanker usus besar dan perlu Anda ketahui.

Nah, beberapa faktor risiko dan penyebab kanker usus besar tersebut meliputi:

  • Memiliki gangguan penyakit tertentu

Bagi Anda yang belum tahu, beberapa penyakit tertentu juga dapat memicu kanker usus besar, lho. Penyakit tersebut diantaranya: Radang usus, infeksi usus, polip usus, dan juga penyakit diabetes.

  • Efek konsumsi obat-obatan tertentu

Mengonsumsi obat-obatan kimia tertentu dalam waktu yang lama juga menjadi salah satu pemicu kanker usus besar, lho. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda tidak ketergantungan pada obat-bat resep.

  • Riwayat keluarga

Risiko Anda untuk terkena kanker usus besar juga meningkat saat Anda memiliki anggota keluarga, baik itu ayah, ibu, atau saudara dekat lainnya penderita kanker usus besar.

Kendati demikian, Anda masih bisa menekan risiko tersebut dengan menjalani gaya hidup sehat, istirahat cukup, dan memperhatikan setiap makanan yang akan Anda konsumsi.

  • Faktor usia

Meskipun belum ada penelitian lanjutan, dari banyaknya kasus kanker usus besar yang terjadi, usia di atas 50 tahun dapat meningkatkan risiko untuk terkena penyakit kanker usus besar ini.

Selain kondisi di atas, penyebab kanker usus besar lainnya juga meliputi:

  1. Merokok
  2. Kekurangan serat
  3. Kurang berolahraga
  4. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah
  5. Menderita familial adenomatous polyposis (FAP) atau gangguan genetika yang memicu pertumbuhan polip di usus
  6. Mengalami sindrom Lynch atau Hereditary non-polyoposis colon cancer (HNPCC)
  7. Mamiliki masalah dengan berat badan yang berlebihan atau obesitas
  8. Faktor lingkungan

Pemeriksaan Kanker Usus Besar

Apabila Anda merasa memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker usus besar, Anda sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui ada atau tidkanya gangguan yang terjadi pada usus.

Hal ini karena, pada kebanyakan kasus kanker usus besar, gejala yang lebih signifikan baru muncul ketika kanker telah berkembang dan memasuki stadium lanjut.

Pengecekan kondisi anus, baik secara manual dengan jari maupun bantuan alat sigmoidoskopi merupakan pemeriksaan umum yang akan dilakukan dokter setelah menanyakan beberapa hal menyangkut risiko dan kondisi yang Anda alami.

Selain pengecekan anus, pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui keberadaan kanker usus besar lain meliputi kolonoskopi maupun kolonoskopi virtual atau CT colonography.

Jika diagnosis dokter menunjukan adanya pertumbuhan sel kanker pada usus besar Anda, dokter akan memberikan tindak lanjut (pengobatan) yang tepat berdasarkan tingkat keparahannya, termasuk kemoterapi dan radioterapi.

Nah, bagi Anda yang ingin mengatasi kanker usus besar secara alami, Anda bisa memanfaatkan daun sirsak maupun kulit manggis.

Khasiat lebih lengkap dari daun sirsak maupun kulit manggis untuk mengatasi kanker usus besar, silakan kunjungi : Cara Mengobati Kanker Usus Besar.

Demikianlah informasi mengenai faktor risiko dan penyebab kanker usus besar yang bisa kami sampaikan di atas. Semoga, artikel di atas bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit kanker usus besar yang berbahaya ini.

SALAM SEHAT

Penyebab Kanker Usus Besar

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*