Penyebab Infeksi Usus dan Faktor Risikonya

Tahu penyebab infeksi usus dan juga faktor risikonya dapat memudahkan Anda dalam melakukan upaya pencegahan, lho.

Karena, Anda jadi tahu dengan jelas apa saja yang harus Anda hindari agar tidak terkena infeksi usus.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, di sini kami telah merangkum beberapa faktor yang menyebabkan infeksi usus dari berbagai sumber kesehatan terpercaya.

Penyebab Infeksi Usus

Infeksi bakteri maupun virus menjadi penyebab utama infeksi usus. Ada banyak jenis virus maupun bakeri yang dapat menyebabkan seseorang mengalami infeksi usus. Beberapa diantaranya adalah:

Penyebab Infeksi Usus
gambar ilustrasi bakteri : www.abc.net.au

Bakteri:

  • Staphylococcus aureus
  • Campylobacter
  • Salmonella
  • Shigella
  • Helicobacter pylori
  • Escherichia coli (E.coli)
  • Clostridium difficile

Virus : Rotavirus dan adenovirus

Umumnya, bakteri maupun virus penyebab infeksi usus di atas bisa masuk ke dalam usus melalui media makanan yang telah terkontaminasi.

Maka dari itu, untuk mencegahnya, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan atau higienitas dan kandungan gizi makanan yang akan Anda konsumsi.

Selain itu, Anda juga harus membiasakan untuk mencuci tangan dengan sabun setelah atau sebelum melakukan sesuatu, terutama saat mau makan.

Intinya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk makanan yang akan dikonsumsi dapat mencegah Anda untuk terkena infeksi usus.

Faktor Risiko dan Penyebab Infeksi Usus Lainnya

Infeksi bakteri dan virus memang menjadi penyebab utama infeksi usus. Namun, masih ada kondisi lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko untuk terkena infeksi usus.

Faktor risiko infeksi usus lainnya adalah faktor genetik. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan infeksi usus memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit ini.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat meningkatkan risiko untuk terkena infeksi usus, seperti pada anak-anak usia 2 tahun ke bawah dan lansia di atas 65 tahun, serta penderita penyakit tertentu, misalnya:

  • HIV/AIDS
  • Lupus
  • Diabetes
  • dll.

Cara Mencegah dan Pengobatannya

Untuk mencegah penyakit infeksi usus, Anda perlu menjauhi dan tidak melakukan penyebabnya. Untuk faktor genetik, Anda bisa meminimalisirnya dengan menjalani gaya hidup sehat.

Mengingat infeksi usus ini termasuk penyakit serius yang harus mendapatkan penanganan segera untuk mencegah kondisi yang lebih parah, maka Anda jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika mendapati salah satu atau beberapa gejala infeksi usus yang salah satunya adalah berupa diare atau bahkan sembelit.

Diagnosis infeksi usus ini membutuhkan beberapa tahap pemeriksaan yang salah satunya adalah tes darah. Dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk Anda konsumsi, termasuk antibiotik jika penyebabnya adalah bakteri.

Nah, untuk pengobatan secara alami, Anda bisa menggunakan ramuan dari teripang atau gamat emas dalam produk QnC Jelly Gamat. Silakan kunjungi : Pengobatan infeksi usus secara alami untuk khasiat lebih lengkap.

Terima kasih sudah menyimak sampai akhir. Semoga, apa yang telah kami informasikan di atas mengenai penyebab infeksi usus dan faktor risikonya bisa bermanfaat dan membantu Anda terhindar dari penyakit tersebut.

Salam Sehat

Penyebab Infeksi Usus

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*