3 Faktor Penyebab Infeksi Pencernaan yang Paling Umum

Saluran pencernaan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa rentan sekali mengalami gangguan. Infeksi pencernaan adalah salah satunya. Nah, tahu penyebab infeksi pencernaan sangat bagus untuk membantu kita melakukan upaya pencegahan.

Pasalnya, bukan hanya satu atau dua faktor saja yang bisa menyebabkan seseorang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi pada saluran pencernaan ini.

Penyebab Infeksi Pencernaan
Gambar bakteri penyebab infeksi pencernaan (copyright : google)

Kalau kita bisa mencegahnya, kenapa tidak, kan? Lebih bagus melakukan pencegahan sedini mungkin agar bisa terhindar dari risiko menderita infeksi saluran pencernaan.

Maka dari itu, kali ini laman obatinfeksipencernaanalami.com akan memberikan informasi seputar penyebab infeksi pencernaan dan juga faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena gangguan pencernaan ini.

3 Faktor Penyebab Infeksi Pencernaan yang Paling Umum

Setidaknya, ada 3 faktor paling umum yang menjadi penyebab infeksi pencernaan pada anak-anak maupun orang dewasa. Kondisi tersebut meliputi:

1. Infeksi bakteri

Bakteri merupakan penyebab terbanyak yang ditemukan pada kasus infeksi pencernaan. Bakteri ini bisa masuk ke dalam saluran pencernaan Anda melalui berbagai perantara, makanan dan minuman adalah salah satunya.

Selain dari makanan maupun minuman yang tidak higienis atau sudah terkontaminasi oleh bakteri tersebut, penggunaan air kotor dan lingkungan yang tidak bersih dapat memudahkan bakteri masuk ke dalam tubuh Anda.

Cara paling sederhana untuk mencegah infeksi pencernaan ini adalah dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah melakukan aktivitas apapun, terlebih saat Anda mau makan. Perhatikan juga kebersihan makanan maupun minuman yang mau Anda atau anggota keluarga yang lain konsumsi.

2. Infeksi Virus

Selain bakteri, mikroorganisme lainnya, yaitu virus juga merupakan penyebab infeksi pencernaan yang cukup umum dikalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Selain melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi, virus tersebut juga bisa masuk ke dalam tubuh kita melalui kontak atau berhubungan langsung dengan orang yang sudah terinfeksi virus.

Virus yang masuk akan lebih mudah menginfeksi orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah. Umumnya, saluran pencernaan yang mengalami infeksi karena virus ditandai dengan gejala berupa kram perut, mual, muntah, dan diare.

Mencegah kondisi ini jugua sama. Yakni, menjaga kebersihan lingkungan, makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi, serta selalu mencuci tangan secara teratur dengan sabun.

3. Jamur dan Parasit

Infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan Anda juga bisa disebabkan oleh jamur dan parasit, terutama jamur spesies Candida dan Aspergillus, serta parasit jenis Giardia dan Cryptosporidium.

Kondisi ini lebih sering menyerang orang dengan kekebalan tubuh yang rendah, seperti pada penderita tuberkulosis dan HIV/AIDS. Menghentikan atau membatasi kontak fisik dengan penderita merupakan langkah yang efektif untuk mencegah penularan.

Penyebab Infeksi Pencernaan Lain dan Faktor Risikonya

Selain 3 penyebab infeksi pencernaan paling umum di atas, masih ada kondisi lain yang juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit pada saluran pencernaan ini.

Penyebab Infeksi Pencernaan
Makanan mentah (sushi) salah satu faktor risiko seseorang mengalami infeksi pada saluran pencernaan (copyright : google)

faktor risiko infeksi pencernaan tersebut meliputi:

  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Mengonsumsi buah potong yang sudah di diamkan beberapa lama
  • Minum air mentah
  • Sering mengonsumsi makanan mentah, seperti susi misalnya
  • Sering makan atau minum sembarangan yang belum tentu terjaga higienitas nya

Nah, itulah beberapa faktor risiko dan juga penyebab infeksi pencernaan yang sebaiknya Anda tahu. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mudah untuk melakukan pencegahan.

Apabila Anda, anak Anda, atau orang tua Anda terlanjur menderita penyakit infeksi pencernaan ini, maka jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan secepatnya guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Selain dengan obat resep, Anda juga bisa menggunakan obat infeksi pencernaan dari bahan-bahan alami yang lebih aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping. Anda mungkin butuh ini : Obat Infeksi Pencernaan Alami untuk mengobati infeksi pada pencernaan Anda sampai sembuh tanpa menimbulkan efek samping.

Terima kasih sudah menyimak informasi kesehatan di atas. Jika artikel mengenai faktor penyebab infeksi pencernaan di atas penting juga diketahui orang lain, bantu share, ya!

SALAM SEHAT dan untuk Anda yang telanjur menderita infeksi saluran pencernaan SEMOGA LEKAS SEMBUH (Aamiin)

3 Faktor Penyebab Infeksi Pencernaan

 

1 Trackback / Pingback

  1. 5 Tanda dan Gejala Infeksi Pencernaan yang Tidak Boleh Diabaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*