Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Usus

Tahukah Anda, jika menghindari konsumsi pantangan makanan untuk penderita infeksi usus dapat membantu Anda mendapatkan hasil pengobatan yang otpimal, lho.

Pasalnya, memang ada beberapa jenis makanan yang apabila dikonsumsi oleh penderita infeksi usus justru dapat memperburuk gejala yang sudah ada.

Bagi Anda yang ingin tahu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita infeksi usus, maka di sini Anda akan mendapatkan informasinya.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Usus

Kami telah merangkum beberapa jenis makanan pantangan untuk penderita infeksi usus dari beberapa sumber kesehatan terpercaya. Berikut ulasannya.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Usus

Infeksi yang terjadi pada usus setidaknya dapat menyebabkan permukaan usus mengalami peradangan. Hal ini tentunya akan mengganggun proses penyerapan oleh usus.

Maka dari itu, penderita harus memperhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi selama masa penyembuhan.

Ada beberapa jenis makanan yang memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita infeksi usus. Nah, beberapa jenis pantangan makanan untuk penderita infeksi usus tersebut meliputi:

  • Makanan pedas

Selain membuat permukaan usus meradang, infeksi usus umumnya dapat membuat asam lambung penderita meningkat. Untuk meminimalsisir kondisi tersebut, Anda tidak boleh dulu konsumsi makanan pedas dalam bentuk apapun.

Makanan pedas selain memicu meningkatkan produksi zat asam, juga dapat memperburuk gejala infeksi usus yang sudah ada sebelumnya.

  • Makanan asam

Pun dengan makanan yang bercita rasa asam tidak boleh dulu dikonsumsi oleh Anda penderita infeksi usus. Menghindari makanan asam dapat meminimalisir terjadinya iritasi pada usus.

Buah-buahan asam, seperti jeruk, dan lainnya termasuk dalam pantangan makanan penyakit infeksi usus yang tidak boleh dikonsumsi dulu untuk sementara.

  • Makanan tinggi serat

Makanan berserat memang bagus untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Namun, pada penderita infeksi usus mengonsumsi makanan tinggi serat bisa membuat pergerakan usus lebih cepat dan memperburuk gejala.

Kendati demikian, Anda masih bisa mengonsumsi sayuran dengan cara mengukusnya terlebih dahulu atau menggantinya dengan pisang, bubur, roti, maupun oatmeal yang dimasak dulu.

Pantangan Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Infeksi Usus Lainnya

Selain tiga jenis makanan di atas, Anda penderita infeksi usus juga sebaiknya membatasi atau bahkan tidak mengonsumsi dulu beberapa jenis makanan di bawah ini, seperti:

  • Makanan yang dibakar atau dipanggang, seperti sate, steak, jagung bakar, dan lainnya
  • Makanan tinggi lemak. Jenis makanan ini sulit dicerna oleh usus
  • Alkohol dan minuman keras lainnya
  • Minuman bersoda dan berkarbonasi lainnya
  • Makanan yang diawetkan, seperti daging asap, makanan kalengan, dan lainnya
  • Makanan olahan, termasuk daging olahan seperti sosis, ham, dan lainnya
  • Acar, ikan asin, dan makanan tinggi natrium lainnya
  • Makanan yang bisa menimbulkan gas di dalam perut, misalnya: Lobak, kubis, atau kol

Itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi usus yang sebaiknya tidak ada dalam menu harian Anda sampai penyakit infeksi usus yang Anda derita benar-benar sembuh.

Selain menjaga makanan yang akan Anda konsumsi, Anda juga harus memperhatikan kebersihannya, termasuk kebersihan diri Anda, salah satu upayanya adalah dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun, apalagi saat mau makan.

Pasalnya, bakteri maupun mikroorganisme lain penyebab infeksi usus bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang telah terkontaminasi.

Nah, itulah informasi mengenai pantangan penyakit infeksi usus yang sebaiknya Anda hindari selama masa penyembuhan. Terima kasih telah menyimaknya sampai akhir. Semoga lekas sembuh, ya 🙂

Salam Sehat

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Usus

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*