Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan (Anjuran dan Pantangannya)

Mengonsumsi obat infeksi pencernaan saja tidak cukup. Anda juga sebaiknya memperhatikan asupan makanannya. Ada beberapa makanan untuk penderita infeksi pencernaan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi dulu selama masa penyembuhan.

Hal ini karena, dikhawatirkan gejala yang sudah ada malah bertambah semakin parah saat Anda mengonsumsi pantangan makanan penyakit infeksi pencernaan tersebut.

Maka dari itu, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh Anda penderita infeksi pencernaan agar proses pengobatannya bisa berlangsung optimal.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan
Pantangan untuk penyakit infeksi pencernaan (Copyright : Everyday Health)

Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan

Tidak hanya untuk penderita infeksi saluran pencernaan saja, menjaga asupan makanan harian juga penting untuk dilakukan penderita penyakit lainnya.

Menjaga apa saja makanan yang akan dikonsumsi dapat membantu mengoptimalkan hasil pengobatan yang sedang Anda lakukan saat ini. Pasalnya, memang ada beberapa jenis makanan yang dapat menghambat efektifitas penyerapan obat oleh tubuh.

Salah satu contohnya adalah kangkung dan tauge, meskipun makanan tersebut tidak akan memberikan dampak negatif untuk gejala yang sudah ada.

Hal ini sama dengan mengetahui gejala infeksi pencernaan guna mendapatkan penanganan sedini mungkin untuk meningkatkan peluang kesembuhan.

Dan, di bawah ini telah kami rangkum beberapa anjuran dan pantangan makanan penyakikt infeksi pencernaan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat, ya 🙂

Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Pertama, mari kita ketahui dulu beberapa minuman dan makanan pantangan untuk penderita infeksi pencernaan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi dulu sampai benar-benar sembuh.

Beberapa pantangan makanan untuk penderita infeksi pencernaan meliputi:

  1. Minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, cokelat, dan lainnya
  2. Makanan bercita rasa pedas, baik yang berasal dari cabai maupun rempah lainnya seperti merica
  3. Alkohol, baik yang terkandung dalam minuman seperti vodka, wine, tuak dan lainnya, maupun yang terkandung dalam makanan, seperti tape, durian, nangka, anggur, dan lainnya
  4. Soda dan minuman berkerbonasi lainnya juga termasuk pantangan untuk penderita infeksi pencernaan, apalagi yang berkaitan dengan lambng dan usus
  5. Pantangan makanan untuk penderita infeksi pencernaan lainnya adalah makanan berlemak jenuh, baik aneka gorengan, makanan cepat saji (burger, pizza, kentang goreng, dan lainnya), makanan bersantan dan makanan berlemak lainnya
  6. Makanan maupun minuman bercita rasa asam
  7. Daging-dagingan, baik daging merah maupun daging unggas (jangan terlalu banyak)
  8. Makanan kalengan dan makanan kemasan lainnya
  9. Daging olahan, seperti sosis, ham, kornet, dan sejenisnya
  10. Susu, terutama untuk Anda yang memang memiliki intoleransi laktosa.

Itulah beberapa makanan untuk penderita infeksi pencernaan yang tidak boleh dikonsumsi dulu untuk beberapa waktu sampai penyakit infeksi pencernaan yang Anda derita sembuh.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan yang Boleh Dikonsumsi

Selain pantangannya, di bawah ini juga ada beberapa anjuran makanan untuk penderita infeksi pencernaan yang bagus dan direkomendasikan untuk Anda konsumsi selama masa penyembuhan.

Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan
Makanan sehat untuk penderita infeksi saluran pencernaan (Copyright : Everyday Health)

Beberapa makanan yang bagus dikonsumsi penderita infeksi saluran pencernaan tersebut antara lain:

  • Sayur : Tomat, asparagus, dan sayuran lainnya yang mengandung serat dan tidak menimbulkan gas
  • Buah : Pisang, pepaya, jambu biji, apel, alpukat, dan buah-buahan lainnya
  • Gandum utuh
  • Yogurt
  • Bawang putih
  • Soup ayam
  • Air kelapa
  • Kunyit
  • Ubi jalar
  • Dan makanan sehat untuk pencernaan lainnya

Nah, itulah beberapa anjuran dan pantangan makanan untuk penderita infeksi pencernaan yang sebaiknya Anda ketahui guna membantu mengoptimalkan pengobatan infeksi pencernaan yang sedang Anda jalani.

Baca Juga Info Pengobatan : Obat Infeksi Pencernaan Alami

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas. Semoga, dengan Anda tahu apa saja makanan untuk penderita infeksi pencernaan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi di atas, dapat membantu proses penyembuhan penyakit infeksi pencernaan Anda menjadi lebih cepat.

Jangan lupa bantu share agar orang lain juga tahu 🙂

SALAM SEHAT dan SEMOGA LEKAS SEMBUH!

Anjuran dan Pantangan Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan

1 Trackback / Pingback

  1. Jenis Jenis Infeksi Pencernaan yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*