Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Agar proses pemulihan berjalan dengan baik, ada baiknya Anda juga memperhatikan asupan makanan setelah operasi usus buntu dilakukan.

Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi setelah operasi usus buntu dilkaukan dapat memperburuk kondisi Anda.

Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Maka dari itu, pasca operasi usus buntu, Anda perlu tahu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan supaya proses pemulihannya bisa berlangsung lebih cepat.

Nah, di bawah ini kami telah merangkum beberapa makanan anjuran dan pantangan makanan setelah operasi usus buntu. Simak terus sampai akhir, ya!

Makanan Setelah Operasi Usus Buntu (Anjuran dan Pantangan)

Metode pengobatan yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi penyakit usus buntu adalah operasi atau pembedahan.

Tindakan medis ini dilakukan untuk membuang bagian usus buntu atau apendik yang mengalami peradangan maupun infeksi sebelum berkembang menjadi lebih parah, bahkan pecah dan menyebabkan pendarahan.

Nah, pasca dilakukannya operasi, agar kondisi fisik Anda kembali pulih, konsumsi rutin obat yang diresepkan dan melakukan check-up saja tidaklah cukup.

Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya. Pasalnya, pasca melakukan operasi usus buntu, Anda rentan mengalami gangguan pencernaan, termasuk sembelit atau susah BAB.

Dan, makanan yang tidak boleh dimakan setelah operasi usus buntu yang Anda lakukan meliputi:

  • Makanan yang mengandung gas

Anda sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat menghasilkan gas di dalam perut. Ketika perut kembung, bukan hanya gangguan pencernaan, perut Anda juga bisa terasa sakit.

Beberapa makanan yang mengandung gas ini diantaranya: Brokoli, asparagus, kubis, kol, dan semua jenis bawang.

Selain itu, beberapa makanan yang mengandung gas atau memiliki senyawa FODMAPs di dalamnya juga meliputi: Makanan bertepung, oatmeal, susu dan produk olahannya, sampai dengan minuman ringan dan bersoda.

  • Makanan yang mengandung gula tinggi

Pantangan setelah melakukan operasi usus buntu selanjutnya adalah makanan yang memiliki kandungan tinggi gula.

Anda harus menghindari makanan jenis ini karena kebanyakan konsumsi gula dapat memicu diare pasca operasi usus buntu. Tinja akan lebih cepat keluar, dan itu sangat tidak bagus untuk usus yang dalam masa penyembuhan.

  • Makanan tinggi lemak

Mengonsumsi makanan tinggi lemak pasca operasi usus buntu tidak hanya memicu Anda mengalami diare, tapi juga meningkatkan risiko lemak menepel pada bagian usus yang baru diangkat.

Makanan Pantangan Pasca Operasi Usus Buntu Lainnya

Selain beberapa jenis makanan di atas, Anda yang baru saja melakukan operasi usus buntu juga tidak disarankan untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut:

  • Makanan padat yang memerlukan usaha lebih keras untuk mengunyahnya
  • Makanan bercita rasa pedas ataupun asam
  • Alkohol dan minuman keras lainnya
  • Makanan maupun minuman yang mengandung kafein

Agar pemulihan yang dilakukan mendapatkan hasil terbaik, untuk sementara jangan dulu mengonsumsi makanan-makanan atau minuman di atas, ya.

Anjuran setelah operasi usus buntu

Anda yang baru saja melakukan operasi usus buntu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut agar memudahkan usus untuk mencernanya. Salah satu contohnya adalah bubur.

Selain bubur, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut:

  • Wortel atau kentang yang dipotong kecil-kecil atau sudah dilumatkan
  • Telur rebus
  • Tahu (dipepes lebih dianjurkan)
  • Perkedel
  • Alpukat dan pepayan termasuk buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi pasca operasi usus buntu

Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan air untuk mencegah dehidrasi. Sayur sop, jeruk, dan melon juga bisa Anda masukan dalam menu harian Anda.

Nah, itulah informasi anjuran dan pantangan makanan setelah operasi usus buntu yang sebaiknya Anda ketahui.

Terima kasih sudah menyimak informasi di atas sampai akhir. Semoga lekas sembuh 🙂

Solusi Pemulihan Pasca Operasi Usus Buntu

Makanan Setelah Operasi Usus Buntu

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*