Ciri Ciri atau Gejala Penyakit Crohn yang Perlu Anda Tahu

Penyakit crohn termasuk gangguan pencernaan yang langka. Namun, dengan tahu ciri ciri atau gejala penyakit crohn, penanganan sedini mungkin dapat dilakukan untuk mencegah kondisi yang lebih parah.

Tanpa penanganan, penyakit crohn ini bisa berakibat fatal. Pasalnya, infeksi atau peradangan bisa menyebar ke jaringan lain pada saluran pencernaan sampai dengan menyebabkan komplikasi. Bahkan, pada beberapa kasus, penyakit crohn sampai menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit Crohn
Photo : express.co.uk

Nah, dengan kita tahu dan sadar ketika gejalanya muncul, kita bisa melakukan penanganan secepatnya. Sehingga, risiko komplikasi bisa dihindari.

Bagi Anda yang belum mengetahuinya, berikut informasi mengenai ciri ciri penyakit crohn yang telah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

Gejala Penyakit Crohn

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh seorang gastroenterologi di Cleveland Clinic, Jessica Philpott, MD, PhD, mengungkapkan jika gejala yang dialami oleh masing-masing penderita penyakit crohn biasanya berbeda.

Mulai dari gangguan ringan sampai dengan yang berat, bahkan sampai mengganggu aktivitas penderita.

Nah, berikut ini adalah beberapa kondisi umum yang menjadi gejala penyakit crohn. Dan, Anda perlu mewaspadai kehadirannya.

Apa saja? Berikut ulasannya:

  • Diare

Mungkin, diare dianggap sebagai gangguan umum yang bisa sembuh dengan konsumsi oralit dan sebagainya. Namun, yang perlu Anda waspadai adalah ketiak diare berlangsung lebih lama dari biasanya.

Diare yang menjadi pertanda penyakit crohn bisa berlangsung lama, mulai dari hitungan hari, minggi, sampai dengan bulan. Diare yang dirasakan juga lebih parah dari biasanya.

  • Nyeri hebat atau kram pada perut

Rasa nyeri yang parah, kram, bahkan kembung juga termasuk konsisi yang menandakan penyakit crohn. Apalagi, jika kondisi tersebut disertai dengan keluhan sembelit atau susah buang air besar.

Sakit perut dan kram juga bisa terasa lebih parah setelah makan.

  • Feses atau tinja ada darahnya

Peradangan yang terjadi pada usus bisa menyebabkan dinding usus terluka. Nah, ketika dinding usus terluka, pendarahan bisa terjadi. Dan, kondisi ini ditandai oleh tinja atau feses yang mengandung darah.

Feses atau tinja berdarah juga bisa menjadi pertanda jika peradangan juga terjadi pada rektum, usus besar, sampai sisi sebelah kiri usus kecil.

  • Demam

Demam tinggi yang bahkan bisa lebih dari 38 derjat celcius ini merupakan sinyal umum yang menandakan adanya infeksi ataupun peradangan, termasuk yang terjadi pada penderita penyakit crohn.

Ketika Anda mengalami demam tinggi yang disertai dengan gangguan lainnya, seperti diare, sakit perut, atau bahkan tubuh yang mudah kelehana, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Ciri Ciri Penyakit Crohn Lainnya

Selain beberapa gejala di atas, penyakit crohn juga bisa ditandai oleh kondisi lainnya, seperti:

  • Berat badan turun secara drastis
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan akibat diare parah
  • Kekurangan nutrisi, salah satunya karena usus yang tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik
  • Sulit tidur nyenyak di malam hari
  • Muncul luka pada mulut dan sariawan yang bisa menjadi koreng
  • Mual dan ingin muntah

Dan, ketika peradangan telah menyebar ke bagian tubuh atau organ lainnya, gejala di bawah ini mungkin yang akan Anda rasakan:

  • Gatal pada kulit
  • Konjungtivitis (mata merah)
  • Eritema nodosum atau benjolan besar menyakitkan yang sering muncul pada kaki
  • Nyeri pada persendian, bahkan bisa disertapi pembengkakan
  • Sakit pada bokong
  • Berkurangnya nafsu makan

Nah, itu dia informasi mengenai ciri ciri atau gejala penyakit crohn yang perlu Anda tahu dan sadari kehadirannya.

IKLAN HERBAL : SOLUSI ATASI PENYAKIT CROHN

TERNYATA, TERIPANG EMAS MEMILIKI KHASIAT DAN MANFAAT UNTUK MENGATASI GANGGUAN PENCERNAAN, TERMASUK PENYAKIT CROHN SAMPAI DENGAN TUNTAS.

  INFORMASI LENGKAP KHASIAT TERIPANG (KLIK DISINI)


Posted By : Gejala Penyakit Crohn

1 Trackback / Pingback

  1. 3 Bahaya Penyakit Crohn yang Menakutkan, Atasi Sebelum Terlambat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*