5 Tanda dan Gejala Infeksi Pencernaan Pada Bayi, Anak dan Dewasa

Jangan diabaikan, ya, beberapa tanda dan gejala infeksi pencernaan yang muncul supaya penanganan sedini mungkin bisa diberikan guna mencegah kondisi yang lebih parah. Apalagi jika terjadi pada bayi dan anak-anak.

Pasalnya, terkadang seseorang dengan infeksi pada saluran pencernaan sering mengabaikan tanda atau gejala yang muncul sebagai gangguan biasa. Maka dari itu, tidak jarang penderita baru melakukan pemeriksaan ketika gejalanya telah berkembang lebih parah.

Gejala Infeksi Pencernaan
copyright : merdeka

Padahal, penanganan yang dilakukan lebih cepat dapat mencegah kondisi yang lebih parah serta meningkatkan peluang untuk sembuh.

Maka dari itu, apabila Anda mendapati salah satu atau beberapa tanda dan gejala infeksi pencernaan, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan supaya Anda atau anak Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

5 Tanda dan Gejala Infeksi Pencernaan Pada Bayi, Anak-anak, dan Dewasa

Saluran pencernaan sendiri dimulai dari mulut sampai dengan anus. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab infeksi pencernaan ini. Yang paling umum adalah karena infeksi bakteri, parasit, virus, atau microorganisme lainnya.

Tanda dan gejala infeksi pencernaan juga biasanya berbeda-beda pada setiap penderita, tergantung dari bagian pencernaan mana yang terinfeksi.

Kendati demikian, ada beberapa kondisi paling umum yang dapat menjadi indikasi seseorang sedang mengalami infeksi pencernaan. Tanda dan gejala tersebut meliputi:

1. Diare

Gejala paling umum dari gangguan pencernaan adalah diare. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele. Yang mana, diare parah bisa menyebabkan dehidrasi dan kematian, terutama pada anak balita dan bayi.

Apabila diare yang Anda, anak atau orang tua Anda tidak juga membaik dalam beberapa hari meskipun sudah diberikan obat anti-diare, termasuk oralit, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

2. Perut kembung dan sering bersendawa

Tanda dan gejala infeksi pencernaan lainnya adalah perut kembung, terasa begah, dan lebih sering bersendawa sebagai tanda terdapat gas di dalam perut.

Kondisi ini erat sekali kaitannya dengan lambung yang menjadi bagian utama dari sistem pencernaan kita.

3. Demam

Demam atau badan panas merupakan gejala paling umum yang menandakan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Apabila demam disertai dengan gejala infeksi saluran pencernaan lainnya, seperti diare dan perut kembung, ada kemungkinan bagian usus yang terkena infeksi selain lambung.

4. Kram perut

Hati-hati juga apabila tiba-tiba Anda mengalami kram perut, apalagi jika frekuensinya dan tingkat keparahannya semakin meningkat, misalnya kram perut terjadi selama 3-4 menit dengan rasa nyeri yang semakin parah.

5. Sakit perut

Nyeri atau sakit pada daerah perut dan sekitarnya harus diwaspadai, apalagi jika rasa sakitnya sampai tidak tertahankan. Kondisi tersebut bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran pencernaan semakin memburuk dan harus segera mendapatkan penanganan.

Tanda dan Gejala Infeksi Pencernaan Lainnya

Selain 5 kondisi di atas, Anda juga tidak boleh mengabaikan tanda dan gejala infeksi pencernaan lainnya yang meliputi:

  • Penurunan nafsu makan akibat rasa tidak nyaman di perut maupun bagian lainnya
  • Mual dan terkadang disertai muntah-muntah
  • Sembelit
  • Sakit kepala. Kondisi ini umumnya berhubungan dengan diare yang menyebabkan dehidrasi serta demam

Anda Butuh Ini : Obat Infeksi Pencernaan Alami (Ramuan herbal dari teripang atau gamat emas asli tanpa tambahan BKO apapun yang sudah teruji dan terbukti secara nyata keampuhan khasiatnya. Aman untuk anak-anak, bayi, dan wanita hamil atau menyusui).

Demikianlah informasi mengenai tanda dan gejala infeksi pencernaan di atas kami sampaikan. Semoga, dengan Anda tahu gejalanya, penyakit infeksi saluran pencernaan yang Anda derita bisa segera ditangani guna mencegah kondisi yang lebih parah.

Salam sehat dan semoga lekas sembuh untuk Anda penderita infeksi pada saluran pencernaan

Jangan lupa bantu share, ya! Apabila artikel di atas dirasa bermanfaat untuk orang lain 🙂

Tanda dan Gejala Infeksi Pencernaan

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makanan Untuk Penderita Infeksi Pencernaan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi
  2. Jenis Jenis Infeksi Pencernaan yang Harus Anda Waspadai

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*