Fungsi Sistem Pencernaan

Berbicara tentang sistem pencernaan kita, sudahkah Anda tahu apa saja fungsi sistem pencernaan tersebut?

Karena, usus bukan satu-satunya bagian dari sistem pencernaan kita. Masih ada beberapa bagian lainnya, seperti mulut, tenggorokan / esofagus, lambung, sampai dengan anus.

Fungsi Sistem Pencernaan

Nah, berikut adalah beberapa fungsi dari setiap bagian sistem pencernaan yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan.

Fungsi Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan kita itu terdiri dari beberapa organ. Nah, setiap organ memiliki fungsinya masing-masing dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh kita sampai menjadi ampas yang siap dikeluarkan. Kita menyebut ampas ini sebagai tinja atau feses.

Kita mulai dari fungsi sistem pencernaan yang pertama, yakni mulut. Di dalam mulut ada lidah dan gigi yang akan membantu proses penghalusan makanan yang masuk ke dalam mulut.

Makanan yang telah dihaluskan akan lebih mudah untuk ditelan dan dicerna.

Bagian dari sistem pencernaan lainnya adalah kerongkongan atau esofagus. Fungsinya adalah untuk mendorong makanan masuk ke dalam lambung serta mencegahnya makanan kembali ke atas.

Fungsi sistem pencernaan berikutnya adalah bagian lambung. Mungkin, Anda belum mengetahui 3 fungsi lambung dalam sistem pencernaan berikut:

  1. Menyimpan makanan dan cairan yang tertelan
  2. Mencampurkan makanan dengan cairan pencernaan yang diproduksi oleh lambung
  3. Mengosongkan isinya secara perlahan menuju ke dalam usus kecil

Pencampuran antara makanan dengan cairan pencernaan di lambung ini bertujuan untuk memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Setelah dari lambung, makanan akan menuju ke usus halus yang terdiri dari tiga bagian, yakni : Usus 12 jari ( duodenum), usus bagian tengah (jejunum), dan bagian terakhir dari usus (ileum).

Fungsi dari usus halus yang menjadi bagian dari sistem pencernaan ini adalah untuk: Menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Setelah melewati usus halus, makanan yang kita konsumsi kemudian masuk ke bagian usus besar.

Fungsi utama dari usus besar ini adalah untuk air dan garam (elektrolit) dari bahan yang tidak tercerna serta membentuknya menjadi limbah padat. Sisa limbah tersebut akan dipindahkan ke arah rektum dan tersimpan sampai akhirnya dikeluarkan melalui anus.

Selain itu, bakteri di usus besar juga berguna untuk membantu memecah bahan yang tidak tercerna.

Cara Menjaga Fungsi Sistem Pencernaan

Agar sistem pencernaan kita bisa tetap berfungsi dengan baik, kita harus menjaganya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan guna menjaga fungsi sistem pencernaan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, beberapa cara menjaga kesehatan sistem pencernaan agar bisa tetap berfungsi dengan baik ini meliputi:

  1. Perbanyak konsumsi makanan berserat, terutama dari buah dan sayur
  2. Cukupi kebutuhan air, minimal 2 liter sehari atau setara 8 gelas
  3. Hindari konsumsi makanan kaleng dan makanan olahan lain yang tinggi garam dan bahan pengawet lainnya, salah satu contohnya daging olahan (sosis, ham, dll)
  4. Tetap melakukan olahraga secara rutin
  5. Konsumsi probiotik dan prebiotik
  6. Kurangi asupan daging merah dan alkohol
  7. Batasi atau berhenti mengonsumsi soda dan minuman berkarbonasi lainnya

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum mauoun setelah melakukan sesuatu, terlebih saat mau makan.

Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko masuknya bakteri ke dalam tubuh kita melalui tangan yang sudah terkontaminasi bakteri penyebab diare dan gangguan pencernaan lainnya.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan. Terima kasih karena Anda sudah mau meluangkan waktu untuk menyimak informasi fungsi sistem pencernaan dan cara menjaganya agar tetap sehat di atas.

Semoga, apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa memberikan manfaat untuk Anda semuanya.

Salam Sehat

Fungsi Sistem Pencernaan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*